Bayu Daily Blog

Friday, December 14, 2018

Sholat Jumat di Masjid Agung Sudirman Denpasar Bali

Sholat Jum'at di Masjid Agung Sudirman Denpasar, Bali - Assalamu'alaikum, halo sobat Bayu Daily Blog, terima kasih sudah berkunjung.

Hari ini, hari Jumat kedua dibulan Desember 2018. Alhamdulillah, yuk! Sholat Jumat biar tambah ganteng hehe.. Begitulah anak-anak milenial ketikan update status atau cuitannya di media sosial.
Masjid Agung Sudirman Denpasar, Bali
Bersama Bang Rasyiid 😁
Bersama Bang Rasyiid, putra sulung saya yang baru berusia 2 tahun 8 bulan. Kami berangkat bersama mengendarai sepeda motor. Kebetulan tidak jauh lokasi masjid dari tempat kami tinggal. Berjarak sekitar 2 km saja.
Masjid Agung Sudirman Denpasar, Bali
Parkir sisi utara
Masjid Agung Sudirman Denpasar merupakan salah satu masjid terbesar di Denpasar Bali yang beralamatkan di jalan Selamet Riyadi, Dauh Puri, Denpasar, Kota Denpasar, Bali. Masjid ini berada didalam komplek Komando Daerah Militer (KODAM) Kodam Udayana Bali.
Sisi Utara Masjid
Masjid ini selalu ramai jamaahnya saat sholat Jumat, pun saat sholat lima waktu di setiap harinya. Uniknya Masjid ini tidak memiliki tembok seperti masjid pada umumnya. Terdapat tiang-tiang disetiap sisi bagian masjid. Temboknya hanya pada sisi baris kiblat saja. Sehingga angin keluar masuk dengan leluasa. Masjid yang nyaman dan sejuk.

Ayo sholat Jumat! Tahukah sobat, banyak keutamaan pada hari Jumat, diantaranya yaitu hari khusus melaksanakan sholat Jumat. Jangan sampai terlewatkan ya sobat!

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” [QS: Al-Jumu’ah:9]
    
"Sholat jum'at itu wajib atas tiap orang muslim berjamaah kecuali empat orang : Hamba sahaya, atau wanita, atau anak-anak (yang belum baligh) atau orang sakit.” (HR. Abu Dawud dan Alhakim).

Selengkapnya mengenai keutamaan pada hari jum'at, baca disini.

Rasulullah SAW menegaskan, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah Hari Jum'at" (HR Muslim).

Setelah mandi, berwudhu dan lain sebagainya, biar tambah ganteng hehe.. Kamipun berangkat untuk melaksanakan Sholat Jum'at di Masjid Agung Sudirman Denpasar. Tak lupa, Saya memastikan bahwa Bang Rasyiid sudah dipakaikan diaper oleh ibunya, supaya tidak bocor nanti pas lagi khusyu' medengarkan khotbah dan Sholat. Maklum, Bang Rasyiid baru berusia 2 tahun lebih, walaupun sudah bisa bilang pipis, buat jaga-jaga aja, karena ini tempat suci dan bersih (Masjid).

Sesampainya di Masjid Agung Sudirman, kami mengisi shaf yang masih kosong untuk sholat dua rekaat terlebih dahulu hingga mendengarkan khotbah. Biasanya Bang Rasyiid ini khusyu'nya diawal khotbah aja. Ada aja kegiatan lain yang ia lakukan, sampai-sampai manjat di punggung saya.

Jumat kali dia lebih banyak diam, mungkin sedang fokus mendengarkan setiap kalimat kotbah ya.. hehe. Alhamdulillah, seusai sholat jumat saya menemui beberapa teman disebelah utara Masjid. Disana terdapat semacam gedung tempat anak-anak untuk mengaji. Kebetulan ada teras untuk sekedar duduk dan ngobrol-ngobrol dengan teman lama.

Dibagian dekat pintu keluar sisi utara, tepat pada bagian luar halaman masjid, sekitaran jalan keluar masuk menuju masjid, banyak pedagang yang menjajakan makanan, seperti bakso, siomay, cendol dan lain-lain. Boleh dicoba lo jika sobat lapar dan haus. Rasanya nikmat tentunya.

Ini bukan kali pertama kami sholat jumat di Masjid Agung Sudirman Denpasar. Sudah beberapa kali. Termasuk masjid favorit, sebab lokasinya yang stategis, masjid ini memiliki halaman parkir yang luas.


kami bergegas untuk pulang, setelah selesai ngobrol dengan teman-teman lama. "Ayok, kita pulang!" ajak saya.
"Yok Ayaah," sambut bang Rasyiid.
Kamipun pulang bersama.

Sekian. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel sederhana ini, semoga bermanfaat, Salam.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini! Berkaitan dengan artikel diatas ya. Terima kasih

Mitsubishi Denpasar