Bayu Daily Blog

Tuesday, December 18, 2018

Mau Poligami ?

Mau Poligami ? - Assalamu'alaikum, halo sobat Bayu Daily Blog. Terima kasih sudah berkunjung. Sebelum membaca artikel ini lebih lanjut tentang mau poligami ?, pada postingan yang lalu saya mempostingkan kembali pendapat seorang motivator dan juga penulis buku 7 Keajaiban Rezeki yakni Bang Ippho Santoso yang saya salin melalui channel telegramnya mengenai poligami yang memberikan tanggapan terhadap salah satu partai atau kader partai baru peserta pemilu 2019 yang kontra terhadap poligami.

Kali ini, artikel tentang mau poligami ? Repost via Instagram Bang Fuadbakh (@fuadbakh) penulis buku kita pernah salah, yang menurut saya menarik untuk dibagikan kembali ke sobat sekalian. Lebih lanjut sobat dapat meneruskan membaca artikel ini hingga selesai ya. Selamat membaca..
Mau Poligami
Gambar Ilustrasi
MAU POLIGAMI ?

Teman-teman poligami itu adalah salah satu di antara syariat Islam. Poligami juga adalah syariat yang banyak juga ditentang di antara kaum muslimin. Yang katanya merugikan wanita, menurut mereka yang memegang kaedah emansipasi perempuan.
.
Namun poligami sendiri bukanlah seperti yang mereka pikirkan. Para ulama menilai hukum poligami dengan hukum yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Syaikh Mustafa Al-Adawiy. Beliau menyebutkan bahwa hukum poligami adalah sunnah. Dalam kitabnya ahkamun nikah waz zafaf, beliau mempersyaratkan 4 hal:

1. Seorang yang berpoligami, harus memiliki sikap adil di antara para istrinya. Tidak boleh ia condong kepada salah satu istrinya.

Jadi, jika ia tak mampu melakukan hal itu, maka cukup satu istri saja. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “ …kemudian jika kamu khawatir tidak mampu berbuat adil, maka nikahilah satu orang saja… ” (QS. An-Nisa: 3)
.
2. Seorang yang melakukan poligami, harusnya ia bertambah ketakwaannya kepada Allah, dan rajin dalam beribadah. Namun ketika setelah ia melaksanakan syariat tersebut, tapi malah lalai beribadah, maka poligami menjadi fitnah baginya.
.
3. Mampu menjaga para istrinya
Sudah menjadi kewajiban bagi suami untuk menjaga istrinya. Sehingga istrinya terjaga agama dan kehormatannya. Ketika seseorang berpoligami, otomatis perempuan yang ia jaga tidak hanya satu, namun lebih dari satu. Ia harus dapat menjaga para istrinya agar tidak terjerumus dalam keburukan dan kerusakan.
.
4. Mampu memberi nafkah lahir
Hal ini sangat jelas, karena seorang yang berpoligami, wajib mencukupi kebutuhan nafkah lahir para istrinya. 

Poligami adalah syariat mulia yang bisa bernilai ibadah. Namun untuk melaksanakan syariat tersebut membutuhkan ilmu, dan terpenuhi syarat-syaratnya. Jika Anda merasa tidak mampu memenuhi 4 syarat di atas, maka jangan coba-coba untuk berpoligami.

***

Demikian, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Menambah wawasan untuk kita sekalian. Terima kasih telah membaca artikel sederhana ini. Salam

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini! Berkaitan dengan artikel diatas ya. Terima kasih

Mitsubishi Denpasar