Bayu Daily Blog

Thursday, December 20, 2018

Masjid di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

Masjid di Nusa Dua, Bali - Assalamu'alaikum, sobat Bayu Daily Blog. Terima kasih sudah berkunjung. Jika sobat seorang muslim yang sedang liburan di Bali dan berada di Nusa Dua. Mencari Masjid di Nusa Dua, Bali ? Masjid Agung Ibnu Batutah Nusa Dua, Masjid di Nusa Dua Bali yang sobat dapat kunjungi untuk melaksanakan sholat berjamaah.
Masjid di Nusa Dua, Bali
MASJID AGUNG IBNU BATUTAH Nusa Dua Alamat: Komplek Puja Mandala Nusa Dua, Jalan Kurusetra, Banjar Bualu Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.
Maps / Petunjuk Arah 
Masjid Agung Ibnu Batutah diprakarsai bersama oleh Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bali dan BTDC (Bali Tourism Development Corporation), sebuah organisasi  yang bertujuan utama menyelenggarakan tersedianya prasarana dan sarana, mengundang investor untuk membangun hotel serta mengelola dan memelihara kawasan Pariwisata Nusa Dua.

Desain awal bangunan Masjid dibuat oleh Konsultan dari Jakarta yaitu PT. Chattra dan didampingi Ir. Indah Juanita, yang konsep dasarnya agar bisa mendukung bangunan Masjid YAMP agar sejajar dengan permukaan jalan utama. Penggalian dana di Jakarta dilaksanakan pada bulan Ramadhan dengan mengundang beberapa pengusaha dari Jakarta dalam acara berbuka puasa bersama yang diselenggarakan di rumah dinas Menteri Paniwisata. Pengusaha-pengusaha yang diundang adalah khususnya para investor, yang mempunyai investasi di dalam Kawasan Nusa Dua. Bapak Joop Ave yang bertindak sebagai pengundang dan sekaligus sebagai tuan rumah dalam acara tersebut.


Dalam acara silaturahmi berbuka puasa dan diiringi presentasi rencana pembangunan masjid, malam itu dapat mengumpulkan dana sebesar Rp.678 juta,-dana inilah kemudian yang dipakai sebagai modal dasar memulai kegiatan pembangunan masjid. Kondisi tempat masjid yang akan dibangun tidak rata, tanahnya bertransisi dengan beda tinggi cukup besar, tanah dibagian depan lebih tinggi, semakin ke belakang semakin rendah, kondisi tanah yang bertransisi inilah kemudian yang menyebabkan bangunan masjid yang dibangun pada bagian belakang berlantai empat sedangkan pada bagian depannya berlantai dua. Ruang shalat utama terletak di lantai paling atas dan untuk bangunan shalat utama ini panitia mendapat bantuan dari Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila YAMP, sesudah mendapat rekomendasi dari DPD Majelis Dakwah Islamiyah Provinsi Bali. Hal ini tentu tidak terlepas dari usaha bapak Drs. H. Wagiman Subiyarso yang kemudian dilanjutkan oleh bapak Jr. H. Maman Supratman yang harus datang ke kantor YAMP di kuningan Jakarta untuk keperluan koordinasi masalah perencanaan & pelaksanaannya. Setelah melewati beberapa kesulitan dan dinamika dalam proses perencanaan dan pelaksanaan, alhamdulillah masjid akhirnya dapat diselesaikan.


Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Daerah Tingkat I Bali, Bapak K.H. Habib Adnan kemudian memberi nama masjid ini dengan nama Masjid Agung Ibnu BatutahNama Ibnu Batutah diambil dan nama seorang ulama, seorang pujangga yang berasal dari Persia, beliau adalah seorang penyebar agama Islam, yang selama hidupnya senang mengembara berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, beliau berdakwah, berdarmawisata, berkelana melakukan syiar agama, berlayar dari satu pulau ke pulau yang lain, dan satu benua ke benua yang lain. Beliau melakukan semua itu jauh sebelum bangsa-bangsa Eropa melakukan perjalanan yang sama beberapa abad kemudian.

Ditambahkan kata Agung sesudah kata Masjid karena dicita-citakan pada setiap Kabupaten ada satu masjid Agung yang menjadi pendorong, penghela, dan penggerak kemajuan dan kemakmuran masjid di wilayahnya. Alhamdulillah rumah-rumah ibadah di kompleks Puja Mandala (Masjid, Gereja, Vihara, dan Pura) diresmikan pemakaiannya pada tanggal 22 Desember 1997 dan dihadiri oleh Menteri Agama R.I Bapak dr. Tarmizi Thaher, gubernur Bali Prof. Dr. Ida Bagus Oka serta kalangan tokoh masyarakat dan pemuka agama di Bali.


Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Salam.


_________
Referensi:
simas.kemenag.go.id Diakses 20 Desember 2018

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini! Berkaitan dengan artikel diatas ya. Terima kasih

Mitsubishi Denpasar