Bayu Daily Blog

Wednesday, December 12, 2018

Keluarga Terbaik

Kuliah online Majelis Keluarga Indonesia (MKI): Keluarga Terbaik oleh Babe Haikal Hassan - Assalamu'alaikum, halo sobat Bayu Daily Blog. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan-tulisan dalam blog ini selalu bermanfaat dan menginspirasi ya sob. In Syaa Allah..

Postingan tanggal 1 Desember 2018, Kuliah online Majelis Keluarga Indonesia (MKI):  Keluarga Terbaik. Silahkan lanjutkan membaca sampai tuntas ya.
Kuliah online Majelis Keluarga Indonesia
Gambar Ilustrasi
KELUARGA TERBAIK

Seorang guru menyampaikan nasihat; inti dari semua persoalan hidup adalah keluarga. Baiknya keluarga akan menjadi sebab baiknya masyarakat dan bangsa. Buruknya sebuah bangsa, pasti merupakan akumulasi dari buruknya keluarga. 

Poin penting inilah yang terkandung dalam hadits Nabi, bahwa sebaik-baik manusia ialah yang paling baik kepada keluarganya dan beliau (Nabi) adalah orang yang paling baik kepada keluarganya. 

Di sinilah tugas besar diamanahkan kepada kita sebagai Muslim; bagaimana menjadi keluarga terbaik.

Dalam hadits agung yang amat masyhur dari Sayyidina 'Utsman bin 'Affan sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dalam Riyadhush Shalihin,

خيركم من تعلم القر ان وعلمه

"Yang terbaik di antara kamu ialah yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya."

Individu terbaik, keluarga terbaik, masyarakat terbaik, bukanlah yang memiliki banyak materi dan saldo tabungan melimpah. 

Individu terbaik, keluarga terbaik, masyarakat terbaik, bangsa terbaik ialah mereka yang senantiasa memanfaatkan waktu yang Allah berikan untuk belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya.

Al-Qur'an inilah yang menjadi kunci utama dan tak bisa ditawar jika sebuah keluarga memimpikan menjadi keluarga terbaik. Al-Qur'an harus menjadi ruh bagi keluarga tersebut. 

Tak ada waktu berlalu, kecuali ada interaksi bersama Al-Qur'an, mulai dari membaca, mamahami makna, menghafal, mengkaji kandungan ayat, mengamalkan hingga mendakwahkan Al-Qur'an. 

Saat seorang suami pergi ke kantor, istri melepasnya dengan nasihat Al-Qur'an; Suamiku, carilah karunia Allah dan berdzikirlah sebanyak-banyaknya. 

Di sepanjang perjalanan, Suami tak lepas dari mengulang-ulang hafalan atau memutar bacaan Al-Qur'an melalui handphone, speaker mobil, dan perangkat lainnya. 

Ketika pergi bersama anak mengantarkan ke sekolah, yang menjadi penghias obrolan juga Al-Qur'an.

Sebab Al-Qur'an memang dari Rabb Semesta Alam, yang Maha Menciptakan, Mengetahui, dan Mencukupi kebutuhan hamba-hamba-Nya sehingga Al-Qur'an bisa dinikmati di setiap kondisi.

Di dalam rumah, sang istri tak lepas dari Al-Qur'an. Setelah anak dan suaminya keluar rumah, ia gelar sajadah Dhuha, lalu tenggelam dalam munajat-munajat panjang seraya melantunkan ayat-ayat langit yang suci dan mensucikan.

Keluarga terbaik, tak lain ialah keluarga Qur'ani; yang masing-masing dan sesama anggotanya sibuk belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya.

Hasil dari itu semua, keluarga terbaik akan mampu menjawab semua cobaan dan tantangan sehari-hari dengan wawasan iman. Setiap musibah dibaca dengan logika iman. Setiap hasil dan keputusan kerja selalu menempel logika iman. Begitu juga dalam pergaulan bertetangga, arisan ibu-ibu, menghadapi tetangga, menghadapi mertua, menghadapi tingkah anak-anak, semua dijawab dengan wawasan iman. Karena disitu ada Allah, dan hanya Allah yang akan melapangkan jalan untuk semua masalah, *ihdinash shiratal mustaqim*.

Sahabat MKI semuanya, mari kita terus belajar dan meminta hidayah Allah azza wajalla untuk selalu mampu menjadi keluarga terbaik. Barakallahufikum.

Silahkan SHARE semoga bermanfaat dan jadi amal jariyah

_____________

KULIAH ONLINE MAJELIS KELUARGA INDONESIA (MKI)

🔹Klik link nya:
https://t.me/MajelisKeluargaIndonesia

🔹KELAS KHUSUS Whatsapp Grup bersama Babeh Haikal Hassan
Hubungi: @seloruwandanu

🔹instagram: @haikalhassan_quote

🔹Donasi untuk Rumah Tahfidz Yatim dan kegiatan dakwah MKI di Bank Muamalat No rek 3010187415 (kode: 147) a/n Ahmad Haikal Hasan

Demikian, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Salam.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini! Berkaitan dengan artikel diatas ya. Terima kasih

Mitsubishi Denpasar