Bayu Daily Blog

Wednesday, November 28, 2018

Tidakkah Engkau Tergoda Menghangatkan Hari-hari Orang Tuamu ?

dr. Gamal Albinsaid Dokter Muda Mendunia - Halo sobat Bayu Daily Blog. Terima kasih sudah berkunjung. Ini adalah postingan pertama dengan kategori inspirasi. Yakni Inspirasi dari seorang dokter muda mendunia berusia 29 tahun, pendiri Klinik Asuransi Sampah dan Bank Sampah. Dia adalah dr. Gamal Albinsaid.

Tidakkah engkau tergoda menghangatkan hari-hari orang tuamu ? Oleh dr. Gamal Albinsaid, Dokter muda mendunia.

Sering kali, tatkala saya menghadapi momen besar dalam hidup, Ibu saya bertanya, “Gamal nanti kau ujian jam berapa? Gamal nanti presentasi jam berapa? Waktu kau ujian, Mami di atas sajadah”. Itu memberikan kepercayaan diri yang tak terkira besarnya untuk saya.
dr. Gamal Albinsaid
dr. Gamal Albinsaid | Mudah mendunia | via IG @gamalalbinsaid Post 12 April 2017
Sukses itu laksana membuka tutup botol minum, kalau kamu tidak tau caranya, kamu akan injak, banting, tekan, padahal kamu tinggal putar tutup botolnya. -
dr. Gamal Albinsaid
Ketika Ibu saja memutuskan untuk mulai belajar ilmu tafsir di usia 46 tahun, Kami tanya “untuk apa?” Jawabnya “Mami ingin mengerti arti bacaan shalat dan ingin menyelematkan anak - anak dari api neraka.”
Saya masih ingat ketika SD, saya mendapatkan tugas untuk mengetik naskah drama, ketika itu di rumah kami belum ada komputer dan laptop. Ayah saya membawa mesin ketik dari kantor keluarga kami, lalu Ibu saya mengetik mulai malam hingga pagi.
dr. Gamal Albinsaid
dr. Gamal Albinsaid bersama Ibundanya | via IG @gamalalbinsaid Post 28 November 2018
Ketika saya masuk di SMP Negeri 3 Malang dan SMA Negeri 3 Malang, Ayah dan Ibu saya bahagia sekali hingga syukuran nasi kuning untuk 1 RT kami.
Saya masih ingat ketika saya masuk kedokteran, ayah saya menjual tanahnya yang kebetulan dibeli oleh 1 perusahaan yang membutuhkan pemancar di tanah ayah saya. Keduanya telah memberikan pengorbanan yang terlampau besar untuk saya, anaknya yang bernama Gamal.
dr. Gamal Albinsaid
dr. Gamal Albinsaid bersama Ayahnya | via IG @gamalalbinsaid Post 28 November 2018
Ketika saya mendapatkan kabar bahwa saya masuk 7 besar finalis peraih penghargaan kehormatan dari Kerajaan Inggris jam 4 pagi, ayah saya bangun dari sajadahnya dan Ibu saya menghampiri saya. Itu momen yang sangat mahal dalam hidup saya, melihat raut bahagia penuh kebanggaan dari kedua orang tua saya. I have something to live for, someone I musn’t dissapointed.

Betapa banyak diantara kita merasakan manisnya pengorbanan kedua orang tua kita, Betapa banyak diantara kita menyaksikan bahwa kedua orang tua kita membatalkan mimpinya, melupakan citanya, dan membiarkan hidupnya berlalu tanpa kesenangan, supaya kita anak-anaknya bisa merasakan kehidupan lebih baik, belajar lebih baik, bekerja lebih baik, dan bermanfaat untuk lebih banyak orang.

Tapi betapa banyak diantara kita melupakan itu dan membiarkan masa muda berlalu begitu saja, tanpa keinginan sedikitpun membahagiakan kedua orang tua kita. Tidakkah engkau tergoda menghangatkan hari - hari orang tuamu ?

***

Prestasi

Berprestasi sejak kecil, Gamal Albinsaid tak hanya untuk dirinya. Dengan konsep sampahnya orang miskin bisa tertolong hidupnya, dokter muda ini pun terus berinovasi dan dikenal sebagai entrepreneur sosial kebangggaan Indonesia. Gamal bukanlah orang sembarangan, semasa kuliah ia telah meraih 12 penghargaan ilmiah dari berbagai universitas di Tanah Air. Tak hanya itu, dia meraih penghargaan HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur Prize 2014 yang diselenggarai oleh Cambridge University, Inggris, dan Unilever. Hal ini karena gebrakan Gamal dalam mendirikan Klinik Asuransi Sampah yang menggarap asuransi kesehatan dengan premi sampah bagi masyarakat kurang mampu. Pencetusan ini dllatar belakangi karena kisah seorang anak pemulung bernama Khaerunnisa yang meninggal karena diare di grobak sampah ayahnya. Khaerunnisa tidak bisa berobat lantaran biaya.
dr. Gamal Albinsaid
Foto via wikipedia
Inovasi Gamal inipun bahkan mendapat apresisasi dari Presiden Vladmir Putin saat ia diundang ke Rusia untuk memberikan inspirasi di hadapan 25.000 peserta dari 150 negara di dunia dalam acara World Festival of Youth and Students ke-19 yang diselenggarakan pada 15 Oktober 2017. Sebagai sosok muda yang terus berinovasi, ia melakukan terobosan sebagai entrepreneur sosial di dunia digital. Gamal mendirikan Indonesia Medikaplatform digital yang menghubungkan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan dengan masyarakat untuk memberikan layanan kesehatan. Selain itu, ia juga juga mendirikan "Siapa Peduli", platform crowdfunding pembiayaan kesehatan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu mendapatkan dana kesehatan dengan pendekatan digital, media sosial, dan gerakan kerelawanan.

Riwayat Pendidikan
  • Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman Malang I.
  • SMP Negeri 3 Malang
  • SMA Negeri Malang, kelas akselerasi (2 tahun selama SMA)
  • S1 Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran - Universitas Brawijaya
  • S2 Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran - Universitas Brawijaya

Demikian tulisan inspirasi dari seorang dokter muda mendunia. Semoga kita dapat mengikuti jejaknya, dapat bermanfaat oleh banyak orang dan mendunia memberikan inspirasi bagi warga dunia, Insyaa Allah, Aamiin. Terima kasih telah membaca artikel sederhana ini. Semoga menginpirasi kita semua. Salam

________
Sumber:
Instagram @gamalalbinsaid / wikipedia diakses 28 November 2018

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini! Berkaitan dengan artikel diatas ya. Terima kasih

Mitsubishi Denpasar