Bayu Daily Bayu Daily Author
Title: Waw! Inilah 7 Gunung Emas di Dunia, 3 Ada di Indonesia
Author: Bayu Daily
Rating 5 of 5 Des:
7 Gunung Emas di Dunia - Halo sobat Bayu Daily Blog . Terima kasih sudah berkunjung. Emas merupakan salah satu benda yang paling diburu di...
7 Gunung Emas di Dunia - Halo sobat Bayu Daily Blog. Terima kasih sudah berkunjung. Emas merupakan salah satu benda yang paling diburu di dunia. Keindahan dan kekayaan yang terkandung didalamnya memiliki nilai sangat tinggi.

Logam mulia ini menjadi komoditi berharga yang sudah sejak lama selalu diagungkan. Karena faktanya kita tidak bisa mendapatkan emas begitu saja, hanya kawasan-kawasan tertentu di dunia yang dianugerahi kekayaan sumber emas dan untuk mendapatkannyapun dibutuhkan proses.
Gunung Emas
7 Gunung emas di dunia yang menghasilkan logam mulai dengan nilai rupiah tak terhingga. Berikut daftarnya:

1. Tambang Grasberg / Freeport - Papua, Indonesia

Gunung emas yang pertama adalah tambang Grasberg atau yang lebih dikenal dengan tambang freport di Papua. Tambang grasberg merupakan tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga terbesar ke 3 di dunia.

Operator yang menangani tambang ini adalah PT Freeport Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. yang berbasis di amerika serikat. Mereka menguasai sebagian besar saham, sementara pemerintah Indonesia hanya memiliki kurang dari 10 % saham, yakni 9,1 %, 2013 lalu Freeport menginsventasikan dana sebesar 35,7 Triliun Rupiah untuk lima tahun kedepan.

Dalam pertahunnya mereka mengeluarkan biaya rata-rata sekitar 7,15 Triliun rupiah. Mereka menargetkan bisa memproduksi sekitar 240 ribu ton biji setiap harinya. Pada periode tiga bulan pertama atau kuartal 1 tahun 2013, Freeport menjual emas sebanyak 6,15 ton emas.

Jumlah ini menurun dari penjualan emas dalam periode yang sama jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnnya yang mampu menjual 8,3 ton emas. Total pada 2012, Freeport mampu menjual emas dari tambang Grasberg sebesar 28,5 ton.

2013 lalu tambang ini ditargetkan bisa menghasilkan 38 ton emas dalam setahun. Namun karena tambang ini sempat ambruk pada Mei 2013 dan butuh beberapa bulan untuk melakukan pembenahan, target ini urung tercapai. Mesti begitu, predikat tambang Grasberg sebagai gunung emas terbesar tak terelakkan.

Diperkirakan cadangan emas milik PT Freeport Indonesia di Papua saat ini mencapai sekitar 1.899 ton emas dan cadangan tambang emas ini rencananya bakal di garap hingga 2042.

2. Tambang Yanacocha - Peru

Selanjutnya adalah tambang Yanacocha yang berada di Peru. Berlokasi di Pegunungan Andes, Yanacocha merupakan tambang emas terbesar kedua didunia. Berlokasi di pegungan andes Yanacocha merupakan tambang emas terbesar kedua di dunia dan terbesar di Amerika Latin.

Sejak dibuka 1993, ada tiga lahan tambang aktif di Yanacocha sejak 1993 hingga 2012, tambang ini sudah memproduksi lebih dari 808 ton emas. Yanacocha dimiliki dan dioperasikan oleh produsen emas yang berbasis di Colorado yaitu Newmont Mining . Mereka menguasai 51,35 % kepemilikan dan sisanya dikuasai Companie Demenias Guena Ventura, pada 2012 Yanacocha memproduksi 40 ton emas.

Pada 31 Desember 2012, mereka memiliki asset yang terdiri dari 93 ton cadangan emas. Keberadaan tambang ini sempat mendapat protes dari penduduk Peru, mereka menuntut salah satu proyek mereka dihentikan. Tuntutan ini merupakan respon atas rencana Newmont yang akan mengeringkan tiga danau dikawasan Cajamarca.

3. Tambang Pongkor - Bogor, Indonesia

Kembali ke tanah air, Indonesia punya tambang emas lainnya, yaitu tambang emas di Gunung Pongkor, Bogor, Jawa barat. Emas-emas batangan milik PT Aneka Tambang atau Antam sebagian besar berasal dari tambang ini, setidaknya setiap bulan tambang Pongkor menghasilkan 200 kg emas batangan.

Emas-emas ini dijual langsung di pasar dalam negeri. Jika produksi tambang Pongkor menurun, produksi Antam pun akan menurun. Seperti yang terjadi pada produksi Antam semester pertama 2011, dimana produksi mereka turun 10 % dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, karena menurunnya kadar biji di Pongkor. Kawasan tambang ini berada diwilayah taman nasional Gunung Halimur, Salak, Bogor.

Tambang Pongkor ini diperikirkan memiliki usia tambang hingga 2019. Dengan cadangan dan sumber daya logam emas diperkirakan sebesar 41 ton. Keberadaan emas di Pongkor di temukan oleh unit geomit pada 1981 dan mulai produksi pada 1994 setelah ijin dikeluarkan pada 1992.

4. Tambang Gunung Pani - Gorontalo, Indonesia

Selain Grasberg dan Pongkor, tambang emas berikutnya terletak di gunung Pani, Kabupaten Pohuanto, Provinsi Gorontalo. Tambang ini dikelola oleh PT J Resorce Asia Pasific terbuka, lewat anak perusahaannya PT Puncak Emas Gorontalo atau PEG.

Mereka bekerja sama dengan koperasi unit desa darma tani maresa, terkait penganggaran lahan tambang seluas 100 hektar tanah  milik KUD yang lokasinya berada di tengah-tengah lahan tambang milik PEG seluas 7000 hektar di Gunung Pani. Pengembangan tambang selajutnya dilakukan oleh dua anak perusahaan J Resorce lainnya.

PT Gorontalo sejahtera mainen mengelola 7000 hektar milik PEG dan perusahaan patungan atau join budget antar PEG dan KUD menggarap 100 hektar milik KUD. Pada kuartal pertama tahun 2014 J Resorces berhasil memproduksi emas 1,3 ton emas atau 63% dari jumlah produksi 2013. Tahun ini mereka menargetkan bisa memproduksi 6,5 ton emas.

5. Tambang Round Mountain - Nevada, AS

Tambang emas berikutnya berada di atas gunung Mal Mountain. Ini adalah tambang open pad atau terbuka yang terletak di Nye CountyNevada, amerika serikat, sekitar 89 km diutara kota Tonova. sekitar 89 kilometer di utara kota Tonova.

Tambang ini dikeolola Cinters Gold Cooperation pemilik 50% saham. Mereka menjadi pengelola sejak 31 januari 2003 setelah berakhirnya kerja sama dengan EcobeGlobal Gold Corporation menguasai 50% sisanya dengan sebuah join venture atau patungan yang dikenal smokey valle comon operation. Emas tambang  ini terletak di tepi sebuah kaldera dengan bentuk sangat halus dan pertama diproduksi pada 1906, seratus tahun kemudian tambang ini menghasilan lebih 311 ton yang dicapai perode 20 tahun. Pada tahun 2019 emas pada tambang ini bernilai sekitar 100 triliun rupiah.

6. Tambang Cortez - Nevada, AS

Negara bagian Nevada masih punya tambang lainnya, yaitu tambang Cortez. Tambang ini tercatat sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Tambang di pegunungan Cortez ini dikelola oleh Global Gold Corporation. Tambang terbuka dan juga bawah tanah ini mulai dioperasikan pada 1862 dengan tembaga sebagai produk utama pada era 1930-an hingga 1940-an.

Tambang emas baru dibuka pada 1968 dan dihentikan produksinya pada 1976. Tambang emas kembali dibuka pada awal 1980-an. Pada periode 1998 hingga 2005, tambang ini menghasilkan lebih dari 31 ton emas pertahunnya. Pada kuartal pertama 2013 Cortez menghasilkan 10 ton emas.

Bedanya emas hasil tambang ini dinilai memiliki kadar lebih tinggi, sehingga dihargai lebih mahal. Dengan potensi emas yang menjanjikan, berbagai fasilitas dibangun untuk mengembangkan tambang ini. Tambang Cortez diperkirakan akan hidup hingga 2025.

7. Tambang Buckhorn Gold Mine - Washington, AS

Masih dari amerika serikat, tambang emas berikut ini bernama Buckhorn Gold Mine. Crawn Resorces Corporation merupakan perusaan pertama yang mengajukan ijin tambang ini. Setelah 20 tahun berjuang, akhirnya proses produksi dimulai pada 2008 dibawah Cendorse Gold Coorporation yang membeli Crawn Resorces Coorperation pada 1996.

Cendrose menghabiskan dana lebih dari 1,1 triliun rupiah untuk membangun tambang ini. mereka juga mengubah  tambang yang tadinya open pad atau terbuka menjadi bawah tanah. Produksi emas tambang ini dimulai pada okt 2008 dengan hasil antara 1,7 ton emas. Pada 2018 tambang ini menghasilkan 6 ton emas. Meskipun  menghasilkan cukup banyak emas dan menciptakan 180 lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar, tetap saja tambang emas Cortez ini menghadapi protes keras dari para pencinta lingkungan hidup yang ingin mempertahankan keindahan Ocen Obenation National Forest.

Sobat, Itulah tadi 7 gunung emas di dunia yang saya rangkum kembali persi on the sport. Semoga  artikel sederhana ini bermanfaat. Salam.


___________
Sumber:
Youtube: One The Sport - 7 Gunung emas di Dunia, Postingan 25 Agustus 2014. Diakses 30 November 2018

About Author

Advertisement

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini! Berkaitan dengan artikel diatas ya. Terima kasih

 
Top