Toyota Bali

Saturday, October 13, 2018

Sholat Jum'at di Mushola Al Amanah GKN Renon Denpasar

Sholat Jum'at di Mushola Al Amanah GKN Renon Denpasar - Halo sobat Bayu Daily, terima kasih sudah berkunjung. Hari ini adalah hari jum'at. 'Sholat jumat biar tambah ganteng' Tentu Kalian sering mendengar kalimat itu ya sob? Biasanya banyak ditemukan dari status media sosial atau pesan gambar berisikan tulisan (meme) yang viral media sosial.

Namun semata-mata hanya sebagai pengingat atau motivasi untuk lebih semangat melaksanakan sholat Jum'at ya sob, tentu karena Allah ta'ala semata. Kalau ganteng ma dari sononya hehe gak akan ketukar!
Mushola Al Amanah GKN Renon Denpasar
Sholat Jum'at di Mushola Al Amanah GKN Renon Denpasar
Rasulullah SAW menegaskan, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah Hari Jum'at" (HR Muslim).

Tahukah sobat, banyak keutamaan pada hari jum'at, diantaranya yaitu hari khusus melaksanakan sholat jum'at. Jangan sampai terlewatkan ya sobat!

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” [QS: Al-Jumu’ah:9]
    
"Sholat jum'at itu wajib atas tiap orang muslim berjamaah kecuali empat orang : Hamba sahaya, atau wanita, atau anak-anak (yang belum baligh) atau orang sakit.” (HR. Abu Dawud dan Alhakim).

Selengkapnya mengenai keutamaan pada hari jum'at, baca disini.

Sholat Jum'at di Mushola Al Amanah GKN Renon Denpasar

Saya dan bang Rasyiid (Anak sulung), segera bersiap-siap untuk melaksanakan sholat jum'at, tentu sobat Bro juga ya! Kita akan sholat di Mushola Al Amanah GKN, yang berada di dalam kompleks I Gedung Keuangan Negara, di Jalan Doktor Kusuma Atmaja 19, Renon, Denpasar. Nggak jauh dari rumah. Ada juga Mushola lain yang nggak jauh dari rumah, yaitu Mushola Arrahman, di Jl. Tukad Balian Gg. 1 No. 9, Renon, Denpasar. Mushola yang paling sering saya kunjungi untuk melakukan sholat berjama'ah.

Sholat Berjama'ah

''Sholat seseorang dengan berjama’ah lebih banyak pahalanya dari pada sholat sendirian di pasar atau di rumahnya, yaitu selisih 20 sekian derajat. Sebab, seseorang yang telah menyempurnakan wudhunya kemudian pergi ke masjid dengan tujuan untuk sholat, tiap ia melangkah satu langkah maka diangkatkan baginya satu derajat dan dihapuskan satu dosanya, sampai ia masuk masjid. Apabila ia berada dalam masjid, ia dianggap mengerjakan shalat selama ia menunggu hingga shalat dilaksanakan. Para malaikat lalu mendo’akan orang yang senantiasa di tempat ia sholat, “Ya Allah, kasihanilah dia, ampunilah dosa-dosanya, terimalah taubatnya.” Hal itu selama ia tidak berbuat kejelekan dan tidak berhadats.” (HR. Bukhari no. 477 dan Muslim no. 649)

Selengkapnya mengenai keutamaan Sholat berjamah di Masjid, sobat bisa baca disini

Lanjut..
Setelah mandi, berwudhu dan memakai wangi-wangian biar tambah ganteng hehe, kamipun berangkat untuk melaksanakan Sholat Jum'at. Tak lupa, Saya memastikan bahwa Bang Rasyiid sudah dipakaikan diaper oleh ibunya, supaya tidak bocor nanti pas lagi khusyu' medengarkan khotbah dan Sholat. Bang Rasyiid baru berusia 2 tahun lebih, walaupun udah bisa bilang pipis, buat jaga-jaga aja, karena ini tempat umum yang khusus ya.. Tempat yang kita sucikan juga (Masjid/Mushola).

Sesampainya di Mushola kami mengisi shaf yang masih kosong hingga mendengarkan khotbah. Biasanya Bang Rasyiid ini khusyu'nya diawal khotbah aja. Ada aja kegiatan lain yang ia lakukan, sampai-sampai manjat di punggung saya. Saya sih anggap itu wajar, seusianya. Kalau pas waktu sholat, dia lebih tenang dan khusyu' sampai sholat selesai.


Senang lihatnya. Selesai sholat, saya wajib menciumnya setelah ia salam mencium tangan saya disambung dengan memeluknya erat sembari mengelus punggungnya dan berdoa, "semoga jadi anak yang soleh, cerdas, sayang Ayah dan Ibu, cinta kepada Allah dan Rasul serta agamanya", Aamiin.

kami bergegas untuk pulang, "Ayok, kita pulang!" ajak saya.
"Yok Ayaah," sambut bang Rasyiid.
Kamipun pulang dengan penuh kegantengan hehe.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel sederhana ini, semoga bermanfaat, Salam.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sobat disini! Berkaitan dengan artikel diatas ya. Terima kasih